by

Tips Terbaik untuk Mempersiapkan Haji Sekarang

-Keluarga-27 views

Setiap Muslim yang mampu dan sehat-sehat harus melakukan haji. itu adalah kewajiban, bukan pilihan. Pengalaman sekali seumur hidup ini bagi kebanyakan Muslim membutuhkan persiapan dan perencanaan terbaik sebelumnya. Di bawah ini adalah beberapa tips untuk membantu Anda mulai mempersiapkan hari ini.

Tanyakan kepada Allah

Katakan Bismillah (Atas Nama Allah) dan buat Dua (permohonan) kepada Allah untuk membantu Anda menemukan sumber daya dan waktu untuk melakukan haji tahun mendatang. Hanya Dia yang bisa mewujudkannya.

Diskusikan Waktu Liburan

Jika Anda bekerja atau memiliki kewajiban lain, Anda harus memastikan Anda mendapatkan tiga minggu hingga satu bulan libur yang diperlukan untuk melakukan haji. Periksa tanggal pasti Haji di tahun yang akan datang, cari tahu persis hari apa yang Anda butuhkan (sekali lagi, Anda dapat berbicara dengan agen perjalanan Anda) dan berbicara dengan majikan Anda atau siapa pun yang perlu diberi tahu tentang rencana Anda untuk memberi Anda waktu istirahat.

Mulai Menabung dan Berbelanja

Haji adalah investasi. Anda perlu berkeliling untuk menemukan agen perjalanan yang dapat memberi Anda tawaran terbaik. Di sinilah pertemuan Anda dengan orang lain yang telah melakukan haji dapat membantu. Cari paket haji melalui agen perjalanan yang menawarkan berbagai pilihan “paket” untuk haji dan yang dapat membantu Anda dengan detail lain yang berkaitan dengan haji (yaitu imigrasi, memimpin kelompok melalui haji, dll).

Apa Saja Tips Terbaik untuk Mempersiapkan Haji Sekarang?

Mulai Bertanya tentang Persyaratan Hukum

Anda memerlukan sejumlah dokumen hukum untuk melakukan haji. Anda akan memerlukan visa untuk pergi ke Arab Saudi. Cari tahu berapa lama sebelum Anda harus mengajukan permohonan ini, dokumen apa yang harus dipersiapkan untuk itu, dll. Pastikan paspor Anda belum kedaluwarsa. Pastikan untuk mendapatkannya, atau dokumen apa pun yang berkaitan dengan tempat tinggal Anda di negara Anda harus lengkap sebelum Anda pergi. Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat kunjungi kemenag haji indramayu.

Mulailah hari ini dengan menelepon kedutaan Arab Saudi setempat untuk bertanya tentang persyaratan dan menyiapkan dokumen yang diperlukan. Atau Anda juga dapat bertanya kepada agen perjalanan Anda (beberapa yang menawarkan paket haji juga membantu mengatur urusan imigrasi bagi pelanggan yang mengambil paket haji mereka).

Baca tentang Cara Melakukannya

Ada sejumlah buku panduan tentang cara melakukan haji. Salah satunya adalah Buku Pegangan Umra & Haji oleh Sarwar Alam Raz. Ketahui berbagai ritual haji, bagaimana dan kapan mereka dilakukan, serta hal-hal yang harus dihindari dan hal-hal yang direkomendasikan untuk dilakukan selama haji.

Jaga Kebugaran Fisik Anda

Haji adalah salah satu pilar Islam yang secara fisik menuntut. Harus berjalan di bawah terik, berlari dari Safa ke Marwa, ini hanya beberapa ritual seseorang yang harus melakukan haji. Mulailah menonton apa yang Anda makan dan berjalan 30 menit sehari atau terlibat dalam aktivitas lain yang diizinkan secara Islami yang Anda nikmati untuk membuat Anda siap secara fisik ketika Anda pergi haji, jika Allah menghendaki. Juga, dapatkan pemeriksaan medis.

Buat Janji dengan Orang-Orang yang telah Melakukan Haji

Buat janji formal melalui telepon atau secara langsung dengan seseorang yang telah melakukan haji. Jika Anda berencana untuk bertemu langsung dengan mereka, minta mereka untuk membawa ihram dan hal-hal lain yang mereka gunakan selama haji. Gunakan pertemuan ini untuk mendapatkan tips dan saran praktis dari mereka yang tidak akan Anda temukan di kebanyakan buku panduan. Baca juga Umroh Indramayu.

News Feed