by

Obat Kumur untuk Gigi Berlubang dan Kegunaannya

-Kesehatan-27 views

Gigi berlubang merupakan salah satu masalah yang paling umum terjadi pada kesehatan gigi manusia. Masalah yang satu ini juga bisa kalian cegah dengan menggunakan cara yang cukup sederhana, yaitu menjaga kebersihan gigi kalian dengan rajin menyikat gigi secara rutin serta kalian juga harus menggunakan obat kumur gigi dan juga benang khusus gigi.

Sehingga nantinya gigi kalian akan menjadi jauh lebih bersih secara optimal. Jika gigi kalian berlubang, maka masalah yang satu ini harus segera kalian atasi agar mencegah adanya masalah kesehatan yang jauh lebih besar lagi. Seperti misalnya masalah pada gusi sampai penyakit jantung dan juga stroke, tentu saja mencegah itu jauh lebih baik daripada mengobati.

Obat kumur untuk gigi berlubang sering sekali digunakan untuk bisa membantu meredakan rasa sakit pada gigi. Tetapi, selain berguna untuk meredakan keluhan sakit gigi ataupun nyeri obat kumur ini juga bisa kalian gunakan untuk membantu kalian memelihara kebersihan dan juga kesehatan mulut serta gigi kalian.

Kalian mungkin sering sekali menggunakan sebuah obat kumur untuk membantu menghilangkan bau pada mulut. Tetapi, sebenarnya ada banyak sekali manfaat lainnya dari obat kumur yang bisa kalian dapatkan, manfaatnya sendiri tergantung dari bahan aktif atau kandungan yang ada di dalam obat kumur yang kalian gunakan.

Umunya obat kumur yang saat ini sudah beredar di pasaran itu terbagi menjadi dua jenis. Ada sebuah obat kumur yang fungsinya itu hanya untuk membantu menyegarkan mulut saja, ada juga obat kumut yang fungsinya itu untuk membantu kalian mengatasi masalah pada mulut dan juga gigi kalian.

Obat kumur ini sendiri bisa kalian beli secara bebas ataupun dengan menggunakan resep dari dokter. Di bawah ini kami sudah merangkum beberapa jenis obat kumur lengkap dengan kandungan yang ada di dalamnya.

Obat Kumur Hidrogen Peroksida

Hidrogen Peroksida ini merupakan sebuah zat yang banyak sekali  digunakan di dalam suatu produk pembersih. Selain itu, zat yang mempunyai siat antibakteri ini juga sangat aman untuk digunakan sebagai obat kumur gigi berlubang ataupun sakit gigi selama konsentrasinya itu hanya sebanyak 1 sampai 3%.

Beberapa riset kesehatan juga menunjukkan bahwasanya zat aktif yang satu ini bisa membantu meredakan pembengkakan pada gusi dan juga bisa memutihkan gigi kalian.

Obat Kumur Chlorhexidine

Chlorhexidine merupakan sebuah obat kumur yang berfungsi untuk membantu mengurangi jumlah bakteri yang ada pada mulut serta bisa mengatasi adanya peradangan pada gusi ataupun gingivitis. Chlorhexidine ini hanya bisa kalian dapatkan lewat resep dokter saja, kalau terlalu sering kalian gunakan ataupun digunakan pada luar anjuran para dokter maka nantinya obat kumur yang satu bisa menimbulkan sebuah efek samping yang berupa mulut kering, iritasi mulut, terbentuknya plak gigi, perubahan warna gigi, dan juga gangguan indra pengecapan.

Obat Kumur Herbal

Ada banyak sekali jenis tanaman herbal yang cukup sering digunakan sebagai suatu obat kumur untuk gigi berlubang dan juga sakit gigi. Beberapa contoh dari tanaman tersebut yaitu daun sirih, cengkeh, jahe, peppermint, dan juga lidah buaya. Sama dengan namanya, obat kumur herbal ini mengandung sebuah zat tertentu ataupun minyak esensial yang diesktrak dari sebuah tumbuh-tumbuhan. Beberapa kandungan zat yang berasal dari tanaman herbal ini  bersifat antibakteri dan juga anti radang.