by

Nutrisi Makanan Pendamping ASI Usia 6 Bulan

Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan bayi yang baru lahir untuk mulai menyusui dalam satu jam pertama setelah kelahiran dan terus menyusui secara eksklusif hingga enam bulan. Menyusui eksklusif berarti ASI adalah satu-satunya nutrisi yang dikonsumsi bayi. ASI adalah nutrisi yang ideal untuk bayinya selama enam bulan pertama kehidupan.

Membantu ibu memahami bahwa ASI yang ia hasilkan mengandung jumlah makronutrien dan mikronutrien yang benar yang dibutuhkan anaknya sangat penting. Menyusui eksklusif juga membantu melindungi bayi dari penyakit diare yang berpotensi mengancam jiwa yang disebabkan oleh air yang terkontaminasi yang digunakan untuk membuat susu formula bayi atau minuman pengganti yaitu mpasi 6 bulan.

Menyusui adalah norma yang diterima untuk nutrisi bayi di Amerika Tengah. Pada 2013, 38 persen bayi yang lahir di Amerika Latin secara eksklusif disusui selama enam bulan pertama kehidupannya, yang sedikit di atas rata-rata global. Alasan ibu di Amerika Tengah mungkin tidak menyusui secara eksklusif selama enam bulan pertama kehidupan anak mereka.

Mereka tidak menyadari banyak manfaat dari pemberian ASI. Mereka menerima saran dari ibu-ibu lain untuk menambahkan makanan dan minuman tambahan. Mereka melengkapi atau beralih sepenuhnya ke formula. Ada berbagai alasan ibu dapat memberi susu formula kepada anaknya, tetapi penting untuk dicatat bahwa di Amerika Tengah, ada banyak pemasaran susu formula, yang dapat membujuk ibu untuk tidak menyusui secara eksklusif.

Mereka menerima kurangnya dukungan dari anggota keluarga dan masyarakat, atau menerima saran yang bertentangan dengan rekomendasi. Secara khusus, ibu remaja mungkin kurang nyaman menyusui karena lingkungan sosial mereka mungkin kurang mendukung. Ketika bayi tumbuh dan mendekati usia satu tahun, ASI terus menjadi sumber protein dan nutrisi lainnya yang signifikan.

Apakah nutrisi makanan pendamping ASI?

Namun, makanan pelengkap terutama sumber makanan yang mengandung zat besi harus diperkenalkan kepada bayi pada usia enam bulan untuk memberikan nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan mereka. . Menunda pengenalan makanan pendamping telah dikaitkan dengan pengerdilan di beberapa komunitas di Amerika Tengah. Organisasi Kesehatan Dunia mendesak agar ketika memperkenalkan makanan pendamping ASI.

Menyusui harus dilanjutkan dan tidak berkurang. Toko besi bayi mulai menipis sekitar enam bulan, sehingga perlu untuk memperkenalkan makanan kaya zat besi saat ini. Ini termasuk kacang, daging sapi, ayam, ikan, dan telur. Karena kacang biasanya merupakan sumber zat besi yang paling mudah diakses, sekaligus memperkenalkan makanan yang kaya akan vitamin C, seperti mangga, kentang dan pisang raja, sangat penting untuk meningkatkan penyerapan zat besi.

Beras yang diperkaya dengan zat besi mungkin tidak tersedia di banyak wilayah Amerika Tengah. Oatmeal dan minuman biji-bijian yang diperkaya besi mungkin tersedia tetapi mungkin tidak terjangkau bagi banyak keluarga di daerah ini. Tergantung pada ketersediaan dan biaya, sereal bayi yang diperkaya zat besi adalah pelengkap yang baik untuk ASI. Sereal dapat dicampur dengan ASI atau susu formula bayi jika formula tersebut sudah diperkenalkan.

Sereal juga tidak boleh disajikan dalam botol. Ketika bayi mencapai usia enam bulan, makanan pendamping harus dihaluskan atau dihaluskan dan pada awalnya hanya ditawarkan beberapa sendok sehari. Ibu harus ingat untuk mempertahankan frekuensi menyusui untuk menghindari kekurangan gizi dan terhambatnya pertumbuhan. Bayi juga harus mulai minum dari cangkir sekitar enam bulan.

Saat memperkenalkan cangkir, cangkir itu harus diisi dengan pilihan bergizi seperti sejumlah kecil air minum, minuman biji-bijian yang dimasak, dan jus buah 100 persen. Meski demikian, minuman tersebut harus melengkapi, bukan menggantikan, air susu ibu. Minuman buah dengan tambahan gula, kopi, dan minuman manis lainnya bukanlah minuman bayi yang tepat dan dapat menyebabkan masalah kesehatan mulut. Demikian nutrisi makanan pendamping ASI.

News Feed