by

Mengetahui Perbedaan Osteoporosis dengan Osteoatritis

Mungkin di luar sana, masih banyak orang yang memiliki anggapan bahwa masalah penyakit sendi yang diakibatkan penyakit osteoatritis itu mirip dengan osteoporosis. Meskipun keduanya sama-sama merupakan jenis penyakit yang dapat menurunkan kualitas hidup seseorang. Akan tetapi, kedua penyakit ini terdapat perbedaan yang mencolok.

Untuk penyakit Osteoatritis merupakan peradangan yang ada di sekitar tulang rawan sendi, dan untuk osteoporosis yakni menurunnya kualitas kepadatan tulang. Kemudian untuk osteoporosis dapat membuat kekuatan tulang menjadi berkurang sehingga bisa menyebabkan seseorang akan lebih rentan mengalami patah tulang. Serta untuk osteoatritis bisa terjadi oleh tulang rawan yang melapisi ujung tulang pada persendian mengalami penyakit keausan akibat seiring bertambahnya usia.

Bahaya Pengapuran Tulang yang Perlu Diketahui

Penyakit radang sendi osteoatritis adalah penyakit yang sangat umum akan dialami oleh orang Indonesia. Karena, ada lebih dari 2 juta orang Indonesia yang telah menderita radang sendi setiap tahunnya. Penyakit Osteoatritis dapat diketahui menjadi salah satu penyebab yang paling utama seseorang akan mengalami kelumpuhan jika peradangan sendi yang dialami tidak bisa ditangani secara benar dan serius untuk jangka waktu yang lama. Kemudian akan membuat penderita sulit untuk beraktivitas secara normal lagi.

Meskipun penyakit radang sendi ini adalah penyakit umum yang sudah banyak dialami oleh orang Indonesia. Akan tetapi, masih banyak juga orang di luar sana yang selalu menganggap sepele bahaya dari jenis penyakit sendi satu ini. Karena, jika kamu tidak menangani penyakit osteoatritis dengan benar dan serius. Penyakit ini akan bisa membahayakan kesehatan kamu dan memicu berbagai komplikasi penyakit lainnya seperti Gangguan Tidur, Gangguan Kecemasan, Depresi, Kematian jaringan tulang, Infeksi pada sendi, Saraf terjepit pada tulang belakang.

Komplikasi penyakit tersebut bisa disebabkan oleh pengapuran sendi yang dapat menurunkan kualitas hidup seseorang. Sehingga kamu tidak bisa menjalani rutinitas sehari-hari secara umum seperti sedia kala karena terbatasnya gerakan yang bisa dilakukan oleh tubuh kamu. Sehingga, membuat psikis kamu juga akan menjadi terganggu bahkan bisa stres. Bahkan, jika penyakit radang sendi ini bisa menyerang tulang belakang serta tidak ditangani benar dan secara serius bisa menyebabkan sel saraf terjepit. Maka, hal ini juga bisa menyebabkan kelumpuhan permanen jika penekanan pada saraf cukup besar dan juga akan memicu gangguan motorik saat berjalan.

Jika gejala osteoatritis yang kamu alami kian parah sampai mengganggu aktivitas sehari-hari kamu, hingga harus menggunakan alat bantu untuk berjalan seperti kursi roda atau yang lainnya. Penyakit ini juga memiliki tingkat keparahan osteoatritis yang kamu alami sudah stadium 3 ataupun 4. Sehingga memaksa kamu harus menjalani operasi untuk penggantian sendi yang telah rusak dengan sebuah prostesis.

Agar bisa memastikan seberapa parah osteoarthritis yang kamu alami. Kamu juga bisa langsung berkonsultasi dengan dokter spesialis reumatologi yang pastinya sangat ahli dalam masalah ini. Akan tetapi, jika osteoarthritis yang kamu alami sudah berat. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah orthopaedi dan juga traumatologi. Sehingga dokter akan melakukan pemeriksaan secara fisik sampai pemeriksaan radiologi dengan cara x-ray, MRI, serta artrosentesis atau analisis cairan sinovial. Dengan begitu masalah pengapuran tulang manusia yang disebabkan oleh penyakit-penyakit di atas akan segera mereda dan pilih dengan cepat.

News Feed