by

Mengenal 4 Ciri-ciri Penyakit dari Konsumsi Air Tidak Bersih

-Kesehatan-75 views

Konsumsi makanan dan minuman bergizi merupakan hal yang penting guna menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Sebaliknya, makan dan minuman tidak bergizi akan memberikan penyakit, salah satu sumbernya ada di air yang tidak bersih.

Bukan hanya untuk mandi, air tidak bersih kerap menjadi sumber air minum yang tentunya tidak layak. Air minum yang baik memiliki beberapa kategori yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan dan WHO [1].

Sejatinya ada 5 syarat yang dianjurkan untuk menentukan ciri ciri air bersih yang layak dikonsumsi atau tidak, beberapa alasannya seperti:

  1. Tidak berwarna
  2. Tidak berbau
  3. Tidak berasa
  4. Tidak mengandung mikroorganisme
  5. Tidak mengandung senyawa kimia/endapan

Kementerian Kesehatan juga menyarankan untuk mengonsumsi air bersih atau layak minum minimal 8 gelas sehari tergantung berat tubuh [1].

Banyak bahaya yang mengancam masyarakat bila menggunakan air yang tidak bersih. Gejala penyakit atau ciri-ciri penyakit yang muncul dari air tidak bersih dapat merugikan beberapa organ tubuh.

  1. Perut Sakit

Berbagai fungsi dari organ tubuh akan terganggu seiring dengan masuknya bakteri dan mikroorganisme buruk. Perut sakit merupakan salah satu dari sekian ciri-ciri dari penyakit yang timbul karena konsumsi air tidak bersih [2].

Perut mengalami reaksi terhadap bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Efek buruknya bisa menyasar ke berbagai indikasi seperti muntah atau mual, demam, hingga gangguan pencernaan [3].

Banyak bakteri buruk yang dapat menyebabkan rusaknya fungsi pencernaan di perut, apalagi setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang tidak bersih.

  1. Badan Lemas

Badan lemas sendiri berasal dari tingkat gizi dan nutrisi yang tidak dipenuhi oleh makanan atau minuman. Ada banyak kandungan hingga zat yang penting agar badan dapat bekerja optimal, seperti vitamin, nutrisi, gizi, hingga mineral.

Konsumsi air yang tidak bersih sama saja menghilangkan kandungan mineral penting dengan penyakit yang merugikan. Banyak mikroorganisme yang dapat mengganggu tubuh sehingga penyerapan nutrisi terganggu [4].

Ada juga berbagai endapan atau senyawa kimia yang membahayakan tubuh seperti endapan, kandungan kapur, hingga mikro plastik.

  1. Radang atau Batuk

Tenggorokan mengalami radang atau batuk berlebih? Biasanya hal ini reaksi yang alami mengingat tubuh akan menolak makanan atau minuman yang tidak steril.

Tapi apabila makanan atau minuman yang tidak bersih masuk ke dalam tubuh, maka gejala panas disertai batuk akan timbul. Proses ini merupakan cara alami tubuh dalam melawan bakteri jahat [5].

Untuk menyehatkan tubuh kembali tentu perlu diperhatikan asupan makanan atau minuman ke dalam tubuh sehingga tidak ada gejala atau efek samping.

  1. Pencernaan Terganggu

Ciri-ciri terakhir dan paling terasa adalah bagian pencernaan karena konsumsi air yang tidak bersih. Tubuh merespon buruk melalui sistem pencernaan akibat hadirnya beberapa partikel dan senyawa asing ke dalam tubuh.

Endapan yang masuk ke dalam tubuh memiliki dampak buruk terhadap pencernaan, salah satunya timbul karena konsumsi air yang tidak bersih. Banyak partikel asing seperti zat kapur yang didapatkan dari air sumur daerah tercemar.

Tidak lupa air minum yang dimasak hanya menghilangkan bakteri dan mikroorganisme, namun tidak senyawa kimia layaknya zat kapur dan lain sebagainya [6].

Kebutuhan yang tinggi akan mineral baik sangat diperlukan untuk tubuh agar dapat beraktivitas lebih mudah dan tubuh menjadi sehat.

Karena investasi terbaik berada di sehatnya jiwa dan raga. Dengan mengetahui ciri ciri air bersih dan layak konsumsi maka organ tubuh dapat menyerap kandungan dan mineral secara sempurna.

AQUA juga terpercaya lebih dari 45 tahun menghadirkan kesehatan dari tiap tetes air mineral gunung vulkanis. Selain segar, beragam kandungan baik seperti magnesium, kalsium, zinc, silika, dan zat lainnya mampu menyehatkan organ tubuh. Mineral yang terkandung di dalam AQUA juga merupakan mineral yang terlindungi, karena AQUA melindungi ekosistem di sekitar sumber air dan sumber air itu sendiri.

AQUA terus memberikan kemurnian air pegunungan di setiap tetesnya. Lebih dari 17 sumber mata air pegunungan diolah dan dijaga kemurniannya hingga ke tangan konsumen [7].

Berbagai mineral penting terkandung di air minum AQUA karena sudah memenuhi 9 kriteria, 5 tahapan seleksi dan 1 tahun penelitian oleh para ahli geologi dan geohidrologi.

Percayakan kesehatanmu dengan kemurnian AQUA sekarang, karena kesehatan berawal dari sini!

Referensi:

  1. http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/apa-saja-syarat-syarat-air-minum
  2. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3638362/mengenal-ciri-ciri-air-minum-yang-tak-layak-konsumsi
  3. https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/membedakan-sakit-perut-karena-gas-usus-buntu-batu-ginjal/
  4. https://www.alodokter.com/duh-badan-lemas-terus-menghampiri-kenali-penyebabnya
  5. https://www.halodoc.com/batuk-sering-kambuh-awas-gejala-radang-tenggorokan
  6. https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/nyeri-kronis/ketahui-tanda-tanda-umum-dari-gangguan-pencernaan/
  7. https://www.sehataqua.co.id/inilah-keunggulan-air-minum-dari-sumber-air-pegunungan

News Feed