by

Manfaat Melakukan Audit Energi

Intensitas dari penggunaan energi dapat diperoleh dengan melalui kegiatan audit energi listrik. Untuk pengelolaan dan juga manajemen energi sangat disarankan untuk diperhatikan dengan baik dan dilakukan dengan lebih bijak. Hal ini dikarenakan banyaknya isu lingkungan yang disebabkan akibat pemanasan global sehingga mendorong industri supaya lebih menekankan laju emisi dari gas buang dengan seminimal mungkin.

Proses audit energi menjadi proses evaluasi dalam memanfaatkan energi sekaligus melakukan identifikasi peluang untuk penghematan energi dan penetapan rekomendasi dalam meningkatkan efisiensi dalam penggunaan energi. Audit energi juga dilakukan para pengguna sumber energi untuk konservasi energi terbaru.

Pemerintah telah memberikan insentif, kemudahan dan disinsentif pada perusahaan yang melakukan program untuk konservasi energi. Tujuannya yaitu untuk mendorong keberhasilan dari pengelolaan energi secara bijak. Kegiatan audit energi mampu memberikan manfaat yaitu seperti berikut ini:

  1. Memberikan peluang hemat energi

Kegiatan audit energi secara tidak langsung mampu memberikan peluang untuk lebih hemat energi. Untuk itu bagi perusahaan besar seperti pabrik maupun perorangan perlu melakukan audit energi supaya tagihan listrik setiap bulannya tidak banyak biaya pengeluaran.

  1. Meningkatkan efisiensi penggunaan energi listrik

Secara tidak langsung audit energi meningkatkan efisiensi pada penggunaan energi listrik. Sementara untuk hasil akhir dari audit energi ini menjadi penetapan rekomendasi dalam meningkatkan efisiensi para pengguna energi maupun para pengguna sumber energi pada rangka konservasi energi.

  1. Dapat digunakan untuk melakukan identifikasi

Energi listrik juga bisa digunakan dalam melakukan identifikasi misalnya seperti unit, peralatan dan hal lain yang berhubungan pada fasilitas penggunaan energi listrik. Terutama untuk fasilitas yang menghabiskan banyak energi yang seharusnya dapat diminimalisir supaya tidak membuat tagihan membengkak.

Dengan melakukan kegiatan audit energi maka Anda akan mendapatkan gambaran mengenai penggunaan energi dalam suatu perusahaan secara menyeluruh. Tidak hanya itu saja Anda pun juga bisa mengetahui mengenai upaya yang harus dilakukan untuk bisa meningkatkan efisiensi dalam penggunaan energi. Untuk membantu Anda dalam mengikuti audit energi Anda bisa meminta bantuan kepada Sewatama dan silahkan kunjungi https://sewatama.com/id/.

News Feed