by

Ini Dia 10 Fakta Unik Tentang Cabe yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Apakah kamu pernah mendengar nama ilmiah Capsicum frutescens? Yup, nama ilmiah yang satu ini memang mengacu pada cabe. Tumbuhan yang satu ini menjadi salah satu rempah-rempah yang sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia. Di Asia Tenggara misalnya, ada berbagai macam olahan cabai, seperti bubuk cabai, kaos, dan lain-kain. Bukan hanya cara mengkreasikan cabe, kita juga perlu loh memahami seperti apa 10 fakta unik tentang cabe berikut ini.

1. Menurunkan jumlah kadar gula serta meningkatkan insulin

Melalui darah, gula yang ada pada tubuh kita akan dialirkan. Dibutuhkan juga hormon insulin yang penting untuk memastikan agar aliran darah tetap bisa menyerap gula. Sementara itu ada juga kandungan senyawa capsaicin yang sangat baik untuk membuat jumlah insulin di dalam tubuh meningkat.

2. Menjadi terapi bagi burung yang sedang obesitas

Apabila kita memiliki burung dan ingin burung tersebut bisa berkicau, maka ada baiknya kita memberikan pakan berupa cabe merah dalam jangka waktu satu minggu sekali. Hal ini penting karena terdapat kandungan vitamin C, karoten (provitamin A, serte bermacam-macam mineral, mulai dari magnesium, mangan, kalium, serta zat besi. Kandungan inilah yang dibutuhkan oleh burung kita.

3. Menyembuhkan penyakit

Terdapat senyawa anti mikroba dan capsaicin yang membuat cabe dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Sementara itu, ada juga zat anti kanker yang berperan penting untuk mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel kanker.

4. Meminimalisir kolesterol dan penggumpalan darah

Pada senyawa capsaicin, ada antikoagulan yang memiliki peran untuk memperlancar pembekuan darah. Munculnya pembengkakan yang ada pada vena yang sempit pada akhirnya akan membuat aliran darah menjadi lancar berkat konsumsi cabe.

5. Memiliki rasa cabe yang tidak merata

Ketika sedang disantap secara utuh, ternyata cabe tidak memiliki rasa pedas yang sama. Hanya ada bagian daging buah yang membuat kita merasa seperti sedang terbakar.

6. Membuat perasaan menjadi lebih bahagia

Adanya senyawa capsaicin pada cabe ternyata juga dapat menimbulkan kemunculan hormon endorfin. Hormon ini sendiri dihasilkan di otak serta membuat seseorang dapat merasa tenang dan terhindar dari nyeri.

7. Menghindari rasa nyeri pada sendi dan rematik

Cabe memiliki kandungan zat antirematik serta senyawa capsaicin. Penelitian menunjukkan bahwa kedua zat ini berperan penting untuk mengobati adanya radang sendi. Soalnya, zat ini akan memberikan sensor pada otak melalui rasa panas. Lalu, sensor tersebut pun akan diteruskan ke tubuh sehingga kemudian bisa meredakan sakit sendi.

8. Meminimalisir amarah

Tahukah kamu bahwa di India cabe digunakan dalam bentuk bubuk yang pada  akhirnya menjadi gas air mata? Yup, hal ini dilakukan untuk meredam rasa emosi yang muncul di kalangan demonstran yang ingin berbuat anarkis.

9. Dapat dihilangkan dengan minum susu

Ada kalanya, kita mengonsumsi terlalu banyak cabe sehingga kita menjadi kepedasan. Namun, kita tidak perlu khawatir terhadap situasi ini karena kita cukup meletakkan satu sendok yoghurt di mulut kita.

10. Membuat ayam terangsang untuk bertelur

Bubuk cabai dapat menjadi campuran pakan bagi ayam yang jarang bertelur. Hal ini akan membuat ayam lebih terangsang dan lebih rajin untuk bertelur.

Sudah tentu cabe segar menjadi salah satu bahan makanan yang menemani keseharian masyarakat Indonesia. Maka dari itu, pastikan untuk mendapatkan cabe berkualitas memuaskan hanya di TaniHub, sebuah platform online yang mempermudah kita untuk membeli sayur dan buah-buahan.

News Feed