by

Gunakan Aplikasi SehatQ untuk Mengetahui Fakta Mengenai Ibuprofen

Ibuprofen adalah salah satu jenis obat-obatan yang mungkin akrab kamu dengar. Hal ini bisa dikarenakan obat ini termasuk sering diresepkan untuk berbagai penyakit baik tua maupun muda. Obat ini juga dijual bebas dipasaran serta bisa dibeli tanpa menggunakan resep dokter.

Kenali Lebih Dekat Mengenai Obat Ibuprofen

Secara umum, ada obat-obatan yang bisa digunakan untuk segala usia dan penyakit yang memiliki gejala yang sama. Seperti Ibuprofen yang dipakai untuk menurunkan demam dan mengatasi rasa nyeri. Berikut adalah ulasan singkat mengenai manfaat, efek samping serta hal-hal yang perlu diwaspadai dari obat pereda panas ini.

1. Manfaat

Ibuprofen termasuk obat golongan nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAID).yang memiliki banyak manfaat. Cara kerjanya adalah mengurangi peradangan dengan menurunkan produksi hormon. Berikut adalah benefitnya bagi tubuh.

  • Meredakan Nyeri. Obat ini menghalangi tubuh dari memproduksi senyawa yang menyebabkan radang dan sakit. Jadi bisa dipakai untuk meredakan sakit kepala, kram menstruasi, sakit gigi, nyeri otot, dan lain sebagainya.
  • Menurunkan demam. Peradangan kerap disertai dengan menghasilkan panas pada tubuh. Dengan obat Ibuprofen, kamu dapat sekaligus meredakan demam dan menghilangkan nyeri.

2. Efek samping

Ada efek samping ringan dan berat dari mengonsumsi obat ini. Secara umum reaksi yang dirasakan tidak ada yang berbahaya. Namun, tidak ada salahnya untuk mengenal berbagai kemungkinan yang bisa terjadi.

  • Efek Samping Ringan. Beberapa reaksi dari mengkonsumsi obat Ibuprofen tidak selalu pasti terjadi, tapi ada kemungkinan seseorang mengalami sembelit, rasa mual, gangguan pencernaan, perut kembung, tekanan darah tinggi dan lain sebagainya.
  • Efek Samping Berat. Walau jarang terjadi, tapi bisa saja terjadi pengaruh berat pada seseorang yang mengkonsumsi Ibuprofen seperti pendarahan di lambung atau terjadi peradangan pada lambung. Bisa juga terjadi muntah darah dan feses jadi hitam (melena). Walau perlu dilakukan penelitian lebih lanjut, pemakaian jangka panjang dapat mempengaruhi kesuburan wanita.

3. Peringatan Sebelum Konsumsi

Ada hal-hal yang perlu diketahui, sebelum meminum obat ini. Seperti obat-obatan lainnya, ada aturan, dosis dan cara pemakaiannya yang harus diperhatikan sehingga manfaat obat ini dapat dirasakan secara optimal.

  • Pantang diminum untuk pasien dengan penyakit berat. Penderita gangguan fungsi ginjal, gagal jantung, gangguan fungsi hati, serta pasien yang akan menjalani operasi bypass jantung.
  • Informasikan Riwayat Kesehatan. Ketika seseorang bertemu dengan dokter beri tahu mengenai riwayat kesehatan. Khususnya kalau kamu mengidap, gangguan pembekuan darah, asma, stroke, polip hidung, tekanan darah tinggi, gangguan sistem pencernaan serta penyakit hati.
  • Lansia Harus Hati-hati. Ibuprofen bisa menimbulkan gangguan ginjal d, gagal ginjal pa orang tua yang sudah mengalami penyakit dehidrasi atau gagal hati
  • Pendarahan. Saluran pencernaan bisa mengalami pendarahan hebat bila mengkonsumsi obat ini dengan minuman beralkohol atau merokok.
  • Kulit Bisa Jadi Lebih Sensitif. Ibuprofen dapat menyebabkan kulit sensitif pada sinar matahari. Gunakan tabir surya dan pakaian yang menutupi kulit kalau beraktivitas siang hari di luar rumah.
  • Ngantuk dan Pusing. Hindari mengemudi, atau kegiatan lainnya yang butuh kewaspadaan setelah mengkonsumsi obat ini.

Itulah beberapa fakta umum mengenai Ibuprofen, manfaat, efek samping serta berbagai hal yang perlu diwaspadai mengenai obat ini. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menggunakan aplikasi kesehatan SehatQ yang bisa diakses memakai internet dan aplikasi pada ponsel.

Aplikasi yang dapat diunduh Google Play Store ini memiliki fitur lengkap dengan berbagai artikel, daftar Rumah Sakit dan Klinik, keterangan obat, live chat dengan dokter dan layanan lainnya. Pakai aplikasi ini untuk membantu kamu mempelajari berbagai obat-obatan dan penyakit yang ingin kamu ketahui.

News Feed