by

Cara Mudah Mengobati Penyakit Anemia dengan Tepat

-Kesehatan-50 views

Anemia penyakit yang membuat menurunnya sel darah merah dan juga hemoglobin. Penyakit ini paling sering dialami oleh seseorang karena banyak faktor misalnya saja dari waktu kerja yang di forsir sehingga mengalami kelemahan. Selain itu juga karena mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, kurang istirahat, dan berbagai hal lainnya yang membuat tubuh tidak berenergi. Pada umumnya ketika mengalami anemia efek yang dirasakan adalah wajah yang pucat dan sering pusing. Sehingga walaupun tidak berbahaya tetapi penyakit anemia ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk mengobati atau mengatasi penyakit anemia sendiri ada banyak cara yang bisa dilakukan. Dimana orang-orang biasanya akan mengkonsumsi makanan yang bisa menambah darah sehingga membuat darah akan menjadi normal kembali. Hal tersebut memang merupakan cara efektif yang bisa dilakukan. Selain itu juga bisa untuk mengkonsumsi obat penambah parah yang mudah ditemukan dan dibeli di apotek tanpa resep. Tetapi untuk membuat kadar darah normal dan menghilangkan anemia, di bawah ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Sehingga dapat untuk menghilangkan lemas dan juga pusing karena anemia. Beberapa cara alami dan efektif tersebut adalah sebagai berikut ini:

  • Istirahat yang cukup

Salah satu cara yang efektif untuk mengobati anemia adalah dengan istirahat yang cukup. Hal tersebut karena anemia juga bisa dikarenakan kurangnya istirahat padahal tubuh membutuhkan rehat sejenak dari segala macam aktivitas dan pekerjaan yang dipunyai. Istirahat dengan mempunyai jam tidur yang cukup juga dapat untuk memproduksi sel darah yang dibutuhkan untuk menghilangkan anemia. Dimana ketika tidur tubuh akan melakukan reaksi alami yang bermanfaat yaitu dapat untuk melakukan regenerasi sel dan hormon. Oleh karena itulah untuk menghindari dan menyembuhkan anemia maka sebaiknya upayakan untuk selalu mempunyai jam tidur yang cukup yaitu 8 jam sehari.

  • Mengkonsumsi zat besi

Cara alami selanjutnya yang bisa digunakan adalah dengan mengkonsumsi zat besi dari makanan-makanan tertentu. Hal tersebut bermanfaat dapat untuk menghilangkan tubuh yang lemah dan lesu yang sering dialami oleh penderita anemia. Adapun beberapa makanan yang bisa dikonsumsi dengan kandungan zat besi yang sehat dan bermanfaat untuk menyembuhkan anemia adalah kerang, sayuran hijau, daging, kacang-kacangan, dan berbagai makanan kaya zat besi lainnya.

  • Konsumsi makanan dengan kandungan vitamin B12

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mengobati anemia yang dirasakan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan B12. Vitamin B12 mempunyai manfaat untuk memenuhi nutrisi yang dapat untuk melakukan penyerapan zat besi. Dan seperti telah dijelaskan sebelumnya bahkan zat besi akan sangat baik untuk tubuh untuk mengobati anemia. Oleh karena itulah Anda bisa untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12, vitamin C, dan juga folat yang baik untuk penderita anemia. Beberapa makanan yang mengandung vitamin B12 yang dapat dipilih adalah yoghurt, keju, susu, kedelai, dan juga tuna.

  • Olahraga rutin

Hal terakhir yang bisa dilakukan untuk mengobati anemia secara efektif dan alami adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Lakukan olahraga ringan yang bermanfaat untuk membuat badan bergerak dan tidak lemas. Dimana anemia juga terjadi karena produksi sel darah yang kurang maksimal. Sehingga hal tersebut dapat untuk diatasi dengan melakukan olahraga yang akan bermanfaat untuk kesehatan termasuk juga untuk menyembuhkan anemia. Lakukan olahraga yang disukai seperti misalnya jalan-jalan, bersepeda, senam, aerobik, dan jenis olahraga lainnya.

News Feed