by

Berikut Macam-macam Lampu Belakang Pada Kendaraan

-Otomatif-47 views

Mobil mempunyai banyak lampu yang dipunyai dengan fungsi berbeda yang ditawarkan. Untuk mengenali lampu tersebut selain dari fungsinya juga bisa dari letak lampu tersebut. Misalnya ada lampu depan dan juga lampu belakang mobil jazz. Dimana untuk lampu depan tentu saja merupakan lampu yang ada di bagian depan mobil, sedangkan untuk yang lampu lainnya adalah lampu yang berada di belakang mobil. Jenis lampu tersebut mempunyai nama dan juga fungsi berbeda untuk dikenali oleh pengendara. Adapun misalnya untuk beberapa jenis atau macam lampu yang ada di belakang kendaraan adalah sebagai berikut ini:

  • Brake ligth

Macam lampu yang ada bagian belakang kendaraan pertama yang perlu Anda kenali adalah brake light. Jenis lampu ini juga dikenal lampu rem sehingga seperti namanya mempunyai fungsi menandakan bahwa pengemudi sedang menggunakan rem. Oleh karena itulah jenis lampu ini juga bisa mengirimkan signal pada pengemudi di belakangnya lebih berhati-hati dan jaga jarak karena Anda sedang menggunakan rem sehingga bisa mengurangi kecepatan. Lampu rem ini mempunyai warna merah yang terang dan juga pada umumnya akan lebih terang dibandingkan lampu tail. Jenis lampu ini menggunakan bolam yang bergabung dengan lampu tail.

  • Turning signal lamp

Jenis lampu selanjutnya yang ada di bagian belakang mobil adalah turning signal lamp atau lampu yang dapat menjadi signal untuk pengguna kendaraan lainnya. Lampu ini juga merupakan lampu sein yang ada di kendaraan dan mempunyai fungsi yang sangat vital di kendaraan. Lampu ini bisa dinyalakan ketika Anda memberikan aba-aba atau pemberitahuan ketika Anda akan belok ke salah satu arah. Sehingga Anda tidak perlu untuk menggunakan tangan karena bisa menggunakan lampu ini apabila ingin belok ke satu arah yang akan tetap dimengerti oleh pengendara yang ada di belakang. Lampu ini mempunyai warna kuning ketika dinyalakan dan bisa menjadi signal untuk pengendara yang ada di belakang untuk mengurangi kecepatan karena Anda akan berbelok ke salah satu arah yang ditunjukkan oleh lampu ini.

  • Hazard lamp

Jenis lampu selanjutnya adalah lampu yang memberikan signal bahaya atau hazard lamp. Dimana jenis lampu ini juga mempunyai signal sama seperti lampu sein yang akan memberikan lampu kuning berkedip-kedip pada kendaraan. Akan tetapi untuk bedanya adalah lampu hazard ini memberikan kode atau signal yang mengedipkan keempat lampu sein secara bersamaan. Sehingga hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa mobil dalam keadaan darurat atau bahaya.

  • Lampu mundur

Jenis lampu terakhir yang ada di belakang kendaraan adalah lampu mundur. Lampu mundur ini merupakan jenis lampu yang mempunyai fungsi untuk menandakan bahwa kendaraan Anda akan bergerak mundur. Lampu ini mempunyai warna sinar kuning keputihan yang dapat menjadi    signal untuk kendaraan lain di belakangnya. Lampu mundur ini juga akan memberikan secara otomatis transmisi ke posisi mundur.

Di atas merupakan beberapa macam dari lampu belakang yang dapat dikenali. Lampu tersebut mempunyai fungsinya masing-masing, sehingga hal ini perlu diketahui untuk pengendara. Sehingga hal tersebut bisa menjadi tanda yang disepakati bersama antara pengendara untuk kapan menggunakan tanda tersebut. Dengan menggunakan lampu tersebut pengendara lain yang ada di belakang juga dapat mengerti maksud dan tujuan Anda ketika menghidupkan lampu tersebut, sehingga akan memberikan tempat dan juga keamanan ketika akan melakukan hal yang dibutuhkan ketika menghidupkan lampu kendaraan tersebut.

News Feed