by

Apa Itu Sinusitis dan Beberapa Penyebabnya

-Kesehatan-34 views

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia mungkin masih asing dengan apa itu sinusitis. Sinusitis sendiri merupakan suatu masalah inflamasi atau peradangan yang terjadi pada dinding sinus. Sinus sendiri merupakan salah satu rongga kecil yang saling memiliki hubungan lewat saluran udara yang terdapat di dalam tulang tengkorak manusia. Letaknya berasa di belakang tulang dahi. Selain itu juga terletak pada kedua sisi batang pada hidung, belakang mata serta bagian dalam dari struktur tulang pada pipi.

Sinus sendiri berfungsi untuk menghasilkan lendir atau mukus yang nantinya akan digunakan untuk menyaring dan membersihkan bakteri ataupun partikel yang terdapat di dalam udara yang kita hirup. Akan tetapi, sinus juga memiliki fungsi lain yaitu mampu untuk membantu tubuh manusia dalam mengendalikan suhu serta kelembapan udara yang nantinya akan masuk ke paru-paru.

Di bawah ini adalah beberapa penjelasan yang akan menunjukkan tentang apa saja yang menjadi penyebab sinusitis sekaligus gejala yang muncul bila seseorang terkena sinusitis:

  1. Apabila terjadi pada anak-anak yang terkena sinusitis, pada umumnya anak akan menjadi mudah rewel, mengalami batuk dan pilek serta hidung akan menjadi tersumbat. Sedangkan untuk orang yang sudah dewasa sinusitis ditandai dengan gejala adanya pembengkakan yang terjadi di sekitar mata, merasakan nyeri pada bagian wajah, ingus akan menjadi kuning dan kehijauan, indera penciuman akan menurun.
  2. Sinusitis biasanya disebabkan oleh adanya infeksi dari kuman. Penyakit sinusitis akan lebih rentan dialami oleh mereka yang merokok atau bisa juga mereka yang suka berenang. Akan tetapi, Anda juga perlu tahu kalau sinusitis bisa juga dipicu oleh beberapa kondisi medis tertentu, seperti contohnya yaitu poli hidung atau bisa juga rinitis alergi.

Apabila sudah terkena penyakit sinusitis, seorang pasien memang harus segera mendapatkan pertolongan. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan penyakit sinusitis bisa menyebabkan seseorang kehilangan kemampuan indera penciumannya secara permanen. Meski biasanya sinusitis dapat diatasi dengan minum obat-obatan akan tetapi jika sinusitis sudah akut maka jalan satu-satunya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan operasi. Ada berbagai tindakan yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit sinusitis. Diantaranya adalah dengan melakukan imunisasi flu secara rutin dan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh dokter. Selain itu dapat juga dilakukan dengan menghindari orang-orang yang menderita flu atau pilek serta berhenti merokok.

Bagi seseorang yang tidak tahu tentu akan bertanya-tanya apakah bedanya sinusitis dengan flu atau pilek yang biasa? Penjelasannya adalah apabila flu atau pilek biasa akan dimulai dengan sakit tenggorokan dan akan hilang dalam waktu 1 sampai dengan 2 hari saja. Suara akan menjadi sengau, hidung berair serta bersin dan batuk yang akan hilang antara 4 sampai dengan 5 hari saja. Namun apabila terkena sinusitis akan menunjukkan gejala yang lain seperti ingus yang kental dan berwarna kuning serta kehijauan serta indera penciuman akan terganggu dalam waktu yang lumayan lama apabila tidak segera mendapatkan pengobatan.

Apa itu sinusitis memang bagi sebagian orang adalah suatu penyakit yang tidak ada bedanya dengan pilek atau flu biasa. Meskipun terkadang perbedaannya memang sulit untuk dibedakan. Namun apabila Anda sering mengalami flu dan pilek yang tidak kunjung sembuh dalam beberapa hari maka segeralah untuk berkunjung dan berkonsultasi dengan dokter. Bisa jadi pilek yang Anda derita bukan merupakan pilek biasa namun ternyata merupakan penyakit yang serius seperti sinusitis atau polip.

News Feed